Bicerin



Bicerin (diucapkan [bitʃeriŋ] di Piedmont) adalah minuman panas tradisional asli Turin, Italia, terbuat dari espresso, cokelat dan susu siap minum yang disajikan berlapis dalam gelas bulat kecil. Kata bicerin berasal dari orang Piedmont yang berarti "kaca kecil".



Minuman ini telah dikenal sejak abad ke-18 dan terkenal dipuji oleh Alexandre Dumas pada tahun 1852. Hal ini diyakini berdasarkan pada abad ke-17 minuman "Bavareisa": perbedaan utama dalam sebuah bicerin yaitu tiga komponen secara hati-hati disusun berlapis di gelas dan bukannya dicampur bersama. 

Caffè Al Bicerin telah menjual minuman di Torino di Piazza della Consolata sejak abad ke-18, dan beberapa pihak berwenang percaya bahwa minuman ini diciptakan di sana. Lain pihak percaya bahwa hal itu berasal dari sekitar 1704 di Fiorio Caffè yang masih berdiri di tempat yang sekarang bernama Via Po. Pada tahun 2001 bicerin diakui sebagai "produk tradisional Piedmont" dalam buletin resmi wilayah Piedmont.


Bicerin dibuat dengan menuangkan shot espresso, diikuti oleh lapisan cokelat cair, lalu terakhir dilapisi dengan krim yang telah dikocok sedikit agar mengapung sehingga terlihat jelas warna yang berlapis. Minuman ini disarankan untuk disajikan dalam keadaan sangat panas. Pada resep tradisional Torino, coklat yang digunakan adalah coklat hazelnut terbaik, menjadikan rasa yang kaya pada bicerin.