Cortado




Cortado (kata “Cortar” dari bahasa Spanyol, berarti memotong); juga dikenal sebagai "Tallat" di Catalan, "Ebaki" di Basque, "Pingo" atau "Garoto" di Portugal dan "noisette" di Perancis; adalah espresso yang dipotong dengan sedikit susu hangat untuk mengurangi keasaman. Rasio susu untuk kopi adalah antara 1:01-1:02, dan susu yang ditambahkan pada gelas yang diisi espresso.


Susu disteamed namun tidak sampai memiliki banyak busa, tapi banyak barista membuat beberapa busa mikro untuk membuat latte art. Minuman ini populer di Spanyol dan Portugal, serta di seluruh Amerika Latin, di mana mereka mabuk di sore hari. 

Di Kuba, minuman ini dikenal sebagai cortadito. Ini biasanya disajikan dalam gelas khusus, seringkali dengan basis cincin logam dan pegangan kawat logam. Ada beberapa variasi, termasuk cortado condensada, cafe con leche condensada atau bombon (espresso dengan susu kental) dan leche leche y (dengan susu kental dan krim di atasnya). Dibawa ke kawasan Little Havana of Miami, Florida dengan Kuba-Amerika pada tahun 1960, minuman ini sekarang ditemukan di seluruh kota, dan merupakan bagian penting dari budaya sehari-hari, khususnya di kalangan warga Kuba.


Minuman Terkait
Cortado berbeda dari macchiato caffè Italia, yang secara tradisional espresso ditambah dengan sedikit susu berbusa (kurang dari 1:1); meskipun dalam resep Amerika modern, macchiato sering menggunakan proporsi 01:01 tetapi berbeda dari cortado terutama dalam memiliki lebih banyak busa. Cortado harus selalu disajikan dalam 150-200 ml (5-7 fl oz) gelas dan susu hanya boleh disteam; busa sedikit mungkin mengapung ke atas, tetapi esensi dari minuman harus susu yang disteam. Cortado ini lebih mirip dengan cappuccino kurang berbusa daripada sebuah macchiato espresso. Dibedakan dari variasi Amerika cafe au lait, yang biasanya menyaring-diseduh kopi dengan susu hangat, cortado dibuat dengan espresso dan steamed milk.

Minuman sejenis di Australia dikenal sebagai latte piccolo cafe, atau piccolo. Ini adalah single espresso shot dalam segelas macchiato yang kemudian diisi dengan susu disteamed dalam cara yang sama sebagai sebuah kafe latte. Proses ini menghasilkan minuman 90ml, dengan rasio 1:2 kopi susu disteamed, dan sekitar 5mm busa di atasnya.

Minuman yang lebih besar, populer di Portugal, adalah galão, yang menggunakan proporsi 01:03 tetapi sebaliknya lebih mirip dengan cortado.