Macchiato




Caffè macchiato (pengucapan Italia: [kafˈfɛ makˈkjaːto]), terkadang disebut espresso macchiato, adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso dengan sedikit susu.
'Macchiato' dapat berarti 'ditandai' atau 'ternoda'. Caffè macchiato secara harfiah berarti 'espresso yang ternoda / ditandai dengan susu'. 



Macchiato tradisional dibuat dengan single shot espresso, dan sedikit susu yang ditambahkan sebagai 'noda'. Namun, kemudian 'tanda' atau 'noda' menjadi rujukan pada susu berbusa yang dituangkan dari atas untuk menunjukkan minuman yang hanya memiliki sedikit susu di dalamnya, biasanya sekitar satu sendok teh. Bahkan, caffè macchiato dalam bahasa Portugis bernama café pingadowhich berarti kopi dengan setetes susu.

Alasan minuman kopi ini mendapat nama macchiato adalah ketika para barista dibutuhkan dalam memperlihatkan sajian yang berbeda antara espresso dan espresso dengan sedikit susu di dalamnya; dan terciptalah sebuah kata 'macchiato'.

Di Amerika atau bahkan di Indonesia sendiri, macchiato lebih sering dikenal sebagai steamed milk yang ditambahkan sedikit espresso di atasnya, agar tidak menjadi kebingungan, maka macchiato terbagi menjadi dua varian yaitu Caffe Macchiato untuk espresso yang ditandai sedikit susu, dan Latte Macchiato untuk susu yang ditandai sedikit espresso.

Seiring perkembangan zaman, latte macchiato kembali terbagi untuk membedakan latte macchiato panas, dengan latte macchiato dingin. Latte macchiato panas yang dibuat dengan menambahkan frother milk atau steamed milk dikenal sebagai macchiato caldo, sedangkan latte macchiato dingin yang dibuat menggunakan susu dingin diamakan macchiato freddo.

Sangat disayangkan banyak kafe yang salah menyajikan macchiato, terutama pada rasio perbandingan antara susu dan espresso. Biasanya mereka hanya tau tampilannya saja yang seperti ada sedikit noda, tak ayal banyak barista yang belum terlatih memberikan rasio 1:1 antara susu dan espresso sehingga lebih mirip caffè latte atau cortado. Idealnya macchiato menggunakan perbandingan 1:8 baik caffe macchiato maupun latte macchiato.

Itu dia sedikit penjelasan tentang Macchiato. Dukung blog ini dengan cara share di social media kalian, dan jangan lupa ngopi.