10 Manfaat Minum Kopi yang Harus Kamu Ketahui


Dibalik warna pekat dan rasa pahitnya, kopi sejatinya bukanlah salah satu minuman kesehatan. Namun banyak peneliti yang mengatakan kopi salah satu minuman dengan segudang manfaat manfaat yang baik bagi tubuh.

Dikutip dari New England Journal of Medicine, sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute menyimpulkan bahwa pecandu kopi memiliki resiko kematian muda lebih rendah sekitar 16% daripada mereka yang tidak pernah meminum kopi'.

Lalu apa saja manfaat kesehatan yang dimiliki kopi?

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Menurut studi yang dilakukan pada 1980, kafein merangsang peningkatan metabolisme tubuh. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi mereka yang sedang menurunkan program berat badan karena oksidasi lemak akan lebih meningkat.

2. Mengurangi Risiko Parkinson
Pada tahun 2000, Journal of American Medical Association mengemukakan bahwa mengkonsumsi kafein akan mengurangi risiko terkena parkinson. Pada tahun 2010 juga kembali dilakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa meminum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari 25% lebih kecil terkena parkinson.

3. Mencegah Batu Empedu
Pada tahun 2002, peneliti dari Harvard mengemukakan bahwa wanita yang minum kopi setiap hari memiliki resiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu.

4. Mengandung Antioksidan Tinggi
Studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada pada urutan pertama sebagai sumber antioksidan pada pola makan orang Amerika. Kemudian seorang peneliti Edward Giovannuci dari Harvard mengemukakan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan.

5. Meningkatkan Memori
Dalam studi yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America pada tahun 2005, peneliti menemukan bahwa orang yang meminum minimal dua cangkir kopi berkafein setiap hari meningkatkan kemampuan memori jangka pendek serta kecepatan reaksi.

Lalu pada tahun 2007, kembali dilakukan penelitian terhadap wanita berusia 65 tahun atau lebih yang rutin meminum kopi tiga cangkir. Hasil menunjukkan bahwa mereka memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan memiliki kemungkinan lebih rendah dalam penurunan memori dibandingkan mereka yang mengkonsumsi hanya satu cangkir setiap hari.

6. Mencegah Encok
Studi tahun 2007 yang melibatkan pria usia 40tahun keatas, menyimpulkan bahwa konsumsi kopi dalam jangka panjang mengurangi 60% risiko terkena encok dan asam urat.

7. Mengurangi Risiko Kanker
Sebuah studi tahun 2008 di Swedia, menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mencegah atau menunda timbulnya kanker payudara.

Studi dari Harvard School of Publik Health juga menemukan bahwa kopi dengan atau tanpa kafein dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat

8. Meningkatkan Tenaga
Sebuah penelitian tahun 2008 menyimpulkan bahwa atlet yang mengkonsumsi 4mg perkilo berat badan, memiliki ketahanan fisik yang lebih baik untuk melakukan aktivitas tingkat tinggi dalam jangka panjang selama latihan fisik.

9. Mencegah Depresi
Pada tahun 2011, menurut laporan Archives of Internal Medicine mengemukakan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir memiliki resiko 20% lebih rendah mengalami depresi.

10. Mengurangi Risiko Diabetes
Pada laporan Journal of Agricultural & Food Chemistry tahun 2012, menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil terkena diabetes type 2. Hal ini dikarenakan adanya efek senyawa yang terkandung dalam kopi menghalangi hIAPP, polipeptida yang menghasilkan serat protein abnormal yang ditemukan pada penderita diabetes type 2.

Itulah 10 manfaat meminum kopi setiap hari, namun alangkah bijak untuk mengkonsumsinya dengan batas wajar dan tidak berlebihan. - mafiawarkop