Cubano


Ingin coba espresso tapi gak suka rasa pahit? Café Cubano jawabannya. Sesuai namanya, resep Café Cubano memang berasal dari Kuba. Café Cubano adalah sebuah espresso shot yang dimaniskan dengan gula merah saat sedang diseduh.

Café Cubano (juga dikenal sebagai kopi Kuba, espresso Kuba, cafecito, Kuba tarik, Kuba shot) adalah jenis espresso yang berasal di Kuba setelah mesin espresso pertama kali diimpor dari Italia. Minuman café cubano sudah menjadi bagian sosial dan budaya terkemuka di Kuba dan Florida, terutama di daerah sekitarnya seperti Miami, Tampa, Florida Keys, serta di masyarakat Amerika Kuba lainnya seperti Havana pada Hudson. Café Cubano yang tersedia di hampir semua toko kopi di Metropolitan Area Miami dan Tampa, membuatnya menjadi salah satu masakan tradisional daerah tersebut.

Espresso Kuba tradisional dibuat menggunakan biji kopi yang gelap seperti roast Italia atau Spanyol. Cara pembuatan espresso Kuba persis dengan cara Italia, kecuali untuk penambahan gula langsung ke pitcher espresso. Panas dari proses pembuatan kopi akan menghidrolisis beberapa sukrosa, sehingga menciptakan manis dan hasilnya sedikit lebih kental daripada cara normal atau menambahkan gula di meja.

Cara membuat Café Cubano rumahan juga tergolong mudah, pertama buat espresso menggunakan moka pot, sembari menunggu air pada moka pot mendidih tuangkan gula pada cangkir. Ketika air pada moka pot mendidih dan crema mulai naik, tadah crema menggunakan sendok kemudian tuangkan pada cangkir yang berisi gula tadi kemudian aduk hingga menghasilkan krim berwarna cokelat muda. Espresso yang tersisa kemudian ditambahkan ke dalam krim ini dan dicampur hingga tercipta lapisan busa tipis berwarna coklat, atau espumita di atas kopi.

Cafe Cubano biasanya diminum pada sore hari, sedangkan Cafe con Leche "latte" atau Cortaditos [cortados] versi yang lebih kecilnya, sering diminum sebagai salah satu makanan penutup, sarapan atau minuman dini hari.

Cortadito: dangerouslybeautiful.com
Cortadito adalah espresso Kuba standar yang dicampur dengan susu steam, dengan perbandingan antara 1:1 hingga 3:1 espresso dan susu. Cortadito mirip dengan cortado yang disajikan di negara-negara Latin lainnya tetapi sudah manis.

Penyajian café con leche: netdna-ssl.com
Café con leche, atau "kopi dengan susu", merupakan espresso (tanpa gula) yang disajikan bersama secangkir susu panas atau di steam. Secara tradisional memang disajikan terpisah dari kopi, espresso dituangkan ke dalam secangkir susu panas dan kemudian diaduk. Untuk sarapan Kuba tradisional, café con leche disajikan bersama roti panggang mentega khas Kuba.

Penyajian colada: summerydotorg.files.wordpress.com
Colada adalah 3-6 shot dari espresso Kuba yang disajikan dalam cangkir styrofoam bersama dengan cawan plastik kecil. Sebuah bentuk takeaway yang dimaksudkan untuk dibagikan,kini sudah menjadi kebiasaan saat istirahat kerja di masyarakat Kuba.

Berikut ini cara pembuatan espresso Cubano:

Café Cubano menggunakan moka pot

Follow Mafia Warkop, dan jangan lupa ngopi.