Café Americano



Walau terkesan seperti buatan Amerika, ternyata Americano adalah resep asli Italia. Caffè Americano atau disingkat "Americano", adalah kopi yang disajikan dengan mencampurkan espresso dengan air panas.



"Americano" diambil dari kata "American" (orang Amerika), orang Spanyol-Amerika menyebutnya pada sekitar tahun 1970an di Italia.
"Caffè Americano" adalah sebutan orang Italia untuk "Kopinya orang Amerika".
Minuman ini sangat populer, diyakini asal-usul nama tersebut muncul pada saat perang dunia II, yaitu ketika Tentara Amerika(American G.I.s) berada di Italia mencampurkan espresso dengan air panas untuk mendapatkan rasa kopi yang sama seperti yang biasa mereka minum.

Alternatif lain dari bahan yang sama disebut juga dengan Long Black. Perbedaanya terletak pada urutan pembuatannya. Jika Americano menuangkan air panas ke atas espresso, Long Black mencampurkan air panas dengan espresso sehingga crema dari espresso masih utuh, berbeda dengan americano yang kehilangan crema karena espresso dicampurkan air panas.

Untuk membuat Caffè Americano sangatlah mudah. Siapkan double shot espresso, kemudian masukkan 16oz atau sekitar 470ml air panas. Caffè Americano siap disajikan.