Marocchino / Espressino




Perpaduan espresso dan coklat sudah sering sekali kita temukan di cafè manapun di dunia. Namun tahukah anda, ada minuman kopi cokelat yang sangat lezat bernama Marocchino?



Marocchino (Caffè marocchino) adalah minuman kopi khas Alessandria, sebuah kota di Piedmont, Italia. Nama Marocchino (sebutan untuk Maroko dalam bahasa Italia) berasal dari warna marocchino, sejenis bahan kulit berwarna cokelat muda yang digunakan pada tahun 1930-an untuk dipakai sebagai ikat rambut oleh bangsa Maroko.

Biasanya minuman ini disajikan dalam gelas kecil yang terdiri dari shot espresso (small shot, atau ristretto), coklat bubuk dan milk froth. Di beberapa daerah dari Italia utara, ditambahkan cokelat panas kental.

Jika Marocchino di tambahkan coklat kental, versi modern dari Marocchino yaitu Espressino menggunakan Nutella sebagai isinya. Sudah terbayang rasa manisnya Nutella, kan?

Cara membuat Espressino sedikit berbeda dari Marocchino. Espressino dibuat dari espresso, kemudian Nutella di tempelkan pada seluruh dinding cangkir, kemudian bubuhkan coklat bubuk di bagian bawah dan di atas cangkir, yang sudah di tambahkan dengan susu.

Ada juga Espressino Freddo, minuman kopi versi dingin dengan bahan-bahan yang sedikit berbeda dari Espressino hangat.

Kesimpulannya Marocchino dan Espressino memiliki cara penyajian yang sama, yaitu menambahkan cokelat bubuk diatas dan dibawah cangkir yang berisi espresso dan froth milk. Follow Mafia Warkop, dan jangan lupa ngopi.

Artikel Terkait