Tiramisu



Medengar kata Tiramisu, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Dessert yang banyak diadaptasi ke berbagai jenis kue dan makanan penutup lainnya ini, ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang.



Tiramisu (dalam bahasa Italia, dieja tiramisù [tiramisu], yang berarti "menjemputku", "menghiburku" atau "mengangkatku") adalah makanan penutup populer rasa kopi dari Italia. Terbuat dari kue berbentuk jari yang dicelupkan ke dalam kopi, berlapis dengan campuran whipped cream, gula, dan keju mascarpone, lalu dibubuhi dengan kakao. Resep ini telah diadaptasi ke dalam banyak jenis kue dan makanan penutup lainnya. Asal-usulnya sering diperdebatkan antar wilayah Italia seperti Veneto, Friuli Venezia Giulia, Piedmont, dan lain-lain.

Dalam sejarahnya, tiramisu ditemukan sekitar tahun 60an di wilayah Veneto tepatnya di restoran "Le Beccherie" di kota Treviso, Italia. Secara khusus, hidangan ini diklaim pertama kali diciptakan oleh seorang penjual manisan bernama Roberto Linguanotto, pemilik "Le Beccherie" dan muridnya, Francesca Valori, yang mana nama gadis dari Francesca Valori adalah Francesca Tiramisu.

Namun terjadi beberapa perdebatan. Seseorang bernama Carminantonio Iannaccone (pertama kali dilaporkan oleh David Rosengarten di The Rosengarten Report dan kemudian ditindaklanjuti oleh The Baltimore Sun dan The Washington Post) mengklaim tiramisu yang dijual Le Beccherie dibuat oleh dia di toko roti miliknya yang ia buat pada 24 Desember 1969. Dalam sumber lain melaporkan, kue ini diciptakan menjelang akhir abad ke-17 di Siena sebagai tanda penghormatan Grand Duke Cosimo III. Apapun, resep bernama "tiramisu" tidak ditemukan di buku masak manapun sebelum tahun 1960-an dan penelusuran pada kamus bahasa Italia Sabatini Coletti menyebutkan kata tiramisu pertama kali dicetak pada tahun 1980, sementara kamus online Merriam-Webster memberikan 1982 sebagai penyebutan pertama dari tiramisu.

Tiramisu mungkin berasal sebagai variasi hidangan penutup berlapis lain, semisal Zuppa Inglese. Disebutkan dalam Giovanni Capnist 1983 dalam buku resep I Dolci del Veneto, di antara kue tradisional, tiramisu juga memiliki kesamaan dengan banyak kue lainnya, khususnya dengan Charlotte, dalam beberapa versi terdiri dari krim Bavarian dikelilingi oleh mahkota kue berbentuk jari dan ditutupi oleh krim manis; Turin cake (dolce Torino), yang terdiri dari kue berbentuk jari direndam dalam rosolio dan alchermes dengan penyebaran yang terbuat dari mentega, kuning telur, gula, susu, dan cokelat hitam; dan Bavarese Lombarda, yang mirip dalam penyusunan dan adanya bahan-bahan tertentu seperti kue berbentuk jari dan kuning telur (meskipun yang dimasak). Dalam Bavarese, mentega dan rosolio (atau alchermes) juga digunakan, tetapi tidak menggunakan krim mascarpone ataupun kopi.

Tiramisu tradisional berisi daftar pendek dari bahan: fingerbiscuits, kuning telur, gula, kopi, keju mascarpone dan bubuk kakao. Dalam resep asli tidak ada minuman keras atau putih telur. Ini pertama kali dibuat di Italia pada 1960-an.

Aslinya kue ini berbentuk bulat, meskipun pada saat itu kebanyakan orang membuat biskuit menggunakan panci persegi panjang atau persegi, menggambarkan kesan klasik "seperti ubin". Namun, tiramisu sering dimasukkan dalam gelas bulat, yang menunjukkan berbagai lapisan, atau piramida. versi modern memiliki sebagai aturan penambahan whipped cream atau telur kocok, atau keduanya, dikombinasikan dengan krim mascarpone. Hal ini membuat hidangan ringan, tebal dan berbusa. Di antara perubahan beralkohol yang paling umum termasuk penambahan Marsala. Kue ini biasanya dimakan dingin.

Variasi lain melibatkan penyusunan krim dengan telur dipanaskan untuk mensterilkan itu, tetapi tidak begitu banyak bahwa telur berebut. Seiring waktu, mengganti beberapa bahan, terutama kopi, timbullah berbagai varian seperti tiramisu dengan cokelat, amaretto, berry, lemon, strawberry, nanas, yoghurt, pisang, raspberry, kelapa, dan bahkan bir.

Banyak variasi Tiramisu ada. Beberapa koki menggunakan kue lain atau manis, roti yeasted, seperti panettone, di tempat kue berbentuk jari. campuran keju lain digunakan juga, beberapa yang mengandung telur mentah, dan lain-lain yang tidak mengandung telur sama sekali. Marsala anggur dapat ditambahkan ke resep, tetapi minuman keras lainnya sering diganti untuk itu baik dalam kopi dan campuran keju, termasuk rum gelap, Madeira, pelabuhan, brandy, Malibu, atau Irlandia krim dan terutama minuman kopi beraroma seperti Tia Maria dan Kahlua. Disaronno juga sering digunakan untuk meningkatkan rasa