Tips Minum Kopi Selama Ramadhan


Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Kita menjalankan ibadah puasa menahan nafsu, lapar, dan dahaga termasuk ritual sehari hari yaitu ngopi.



Tak dipungkiri, banyak yang berhenti minum kopi selama bulan Ramadhan. Namun sebenarnya kamu masih bisa menikmati ritual minum kopi selama tahu aturannya. Lalu bagaimana agar ritual minum kopi tetap terlaksana namun tidak mengganggu ibadah puasa? Berikut tipsnya

Memilih Jenis Kopi
Saat bulan puasa, sebaiknya kamu pilih kopi jenis Arabika. Kopi jenis ini memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari jenis lainnya seperti robusta. Karena selama berpuasa, kita tidak banyak memerlukan kafein seperti hari biasa. Pilihlah kopi yang fresh, jangan minum kopi instan karena mungkin akan mengganggu kesehatanmu selama puasa.

Jangan Berlebihan Saat Sahur

Kondisi tubuh saat menjalankan puasa dengan hari biasanya sudah pasti berbeda. Kamu yang mungkin terbiasa minum lebih dari 3 cangkir perhari haruslah dikurangi. Saat sahur minumlah kopi secukupnya, karena secangkir saja saat sahur sudah cukup untuk menambah energi kamu.

Minum Air yang cukup

Mungkin kamu sudah tahu kalau minum kopi harus diimbangi dengan minum air yang cukup. Setelah minum kopi, biasanya beberapa orang akan merasa dehidrasi atau haus. Terlebih saat menjalankan ibadah puasa, sudah tentu kita akan kekurangan cairan tubuh. Setelah minum kopi saat sahur, sebaiknya kamu minum air yang cukup agar tidak kekurangan asupan cairan dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Istirahat

Setelah selesai sahur dan salat subuh, kamu bisa mengambil coffee nap yang biasanya dilakukan saat setelah minum kopi di sore hari. Tidur singkat selama 10-20 menit setelah minum secangkir kopi dapat memompa tenaga dan semangatmu agar tidak mengantuk saat bekerja di pagi harinya.

Saat Berbuka

Kamu bisa meminum kembali satu jam setelah berbuka, dan ingat jangan berbuka langsung dengan minum kopi karena asam yang terkandung dalam kopi mungkin bisa mengganggu kesehatanmu. Kamu juga bisa menyantap kudapan berbahan dasar kopi selama berbuka puasa yang dapat memulihkan tenagamu setelah seharian berpuasa.

Itulah beberapa tips meminum kopi selama Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa. - mafiawarkop