Dalgona Coffee

 

Masih ingat kopi Dalgona? minuman kopi yang berasal dari Korea Selatan dan menjadi viral di seluruh dunia pada awal tahun 2020. Minuman ini terbuat dari campuran kopi instan, gula, dan air panas yang dikocok hingga berbusa dan mengembang seperti krim. Kemudian, campuran ini dituangkan di atas susu dingin dan diaduk hingga tercampur rata.

Minuman ini dinamakan "Dalgona" karena bentuknya yang menyerupai permen tradisional Korea Selatan yang bernama sama. Karena mudah dibuat dan memiliki tampilan yang menarik, kopi Dalgona menjadi populer di media sosial dan banyak orang mencoba membuatnya di rumah selama masa pandemi COVID-19.

Meskipun terlihat seperti minuman yang manis dan kaya rasa, kopi Dalgona sebenarnya memiliki rasa yang kuat dan pekat karena penggunaan kopi instan yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Bagi pecinta kopi yang menyukai rasa yang kuat dan kaya, kopi Dalgona bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk diminum.

Berikut adalah cara membuat kopi Dalgona:

Bahan:

2 sdm kopi hitam instan tanpa gula
2 sdm gula pasir
2 sdm air panas
Susu dingin secukupnya
Es batu secukupnya

Alat:

Mixer tangan atau mixer listrik
Gelas

Langkah-langkah:

Campurkan kopi instan, gula, dan air panas dalam mangkuk kecil atau gelas. Pastikan semuanya tercampur rata.
Kocok campuran dengan mixer tangan atau mixer listrik selama 3-5 menit atau hingga adonan menjadi kental, berbusa dan mengembang seperti krim.

Siapkan gelas dengan susu dingin dan es batu.

Tuangkan campuran kopi Dalgona yang sudah dikocok ke atas susu dingin.

Aduk secara perlahan hingga campuran kopi Dalgona dan susu dingin tercampur rata.

Minuman kopi Dalgona siap disajikan. Nikmati!


Tips:

Untuk hasil yang lebih baik, gunakan kopi instan yang berkualitas bagus.
Kocok campuran kopi, gula, dan air panas selama 3-5 menit agar adonan mengembang dengan baik.
Untuk variasi rasa, Anda bisa menambahkan cokelat bubuk atau sirup vanila pada susu dingin sebelum menuangkan campuran kopi Dalgona.